Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi
Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Sebagai Upaya Pembentukan Pemustaka yang Literasi Informasi
|
|
Creator |
Permata Ganggi, Roro Isyawati
|
|
Subject |
Literasi Informasi; Pendidikan Pemakai; Masyarakat Literasi
|
|
Description |
Pesatnya perkembangan teknologi informasi berbanding lurus dengan perkembangan informasi. Perkembangan informasi yang semakin tak terkendali pada akhirnya justru menimbulkan masalah. Banyak informasi sampah dan berita bohong yang beredar di masyarakat. Informasi yang seperti ini harus dihindari supaya masyarakat tidak terkecoh. Literasi informasi merupakan salah satu cara untuk membantu seseorang dalam memilih informasi yang dibutuhkan. Literasi informasi mengajarkan seseorang untuk memilih informasi dengan memperhatikan otoritas dan isi suatu informasi. Kemampuan literasi informasi wajib dimiliki oleh pustakawan sebagai bekal dalam memilih informasi yang akan diadakan di perpustakaan. Kemampuan ini akan lebih baik lagi dapat ditularkan kepada masyarakat supaya dapat menciptakan masyarakat yang literate. Literasi informasi dapat diajarkan kepada masyarakat melalui pendidikan pemakai yang dilakukan oleh perpustakaan.ABSTRACTRapid development of information technologies is directly proportional to the development of information. The development of an increasingly uncontrolled information ultimately cause problems. A lot of spam information and hoax news circulating in the community. Information like this should be avoided so that the public do not be fooled. Information literacy is one way to help a person in choosing the needed information. Information literacy teaches a person to choose an information that needed having regard to the authority of information and content of the information. Mandatory information literacy ability possessed by the librarian as a provision in selecting the information to be held in the library. This ability would be better yet if it can be transmitted to the community in order to create a literate society. Information literacy can be taught to the community through user education carried out by the library.
|
|
Publisher |
Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-06-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/2354
10.24252/kah.v5i1a11 |
|
Source |
Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan; Vol 5, No 1 (2017): June; 121-128
Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan; Vol 5, No 1 (2017): June; 121-128 2549-1334 2354-9629 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/2354/2851
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Khizanah al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan
|
|