Record Details

Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Memberikan Pelayanan Bermutu di Perpustakaan

Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Memberikan Pelayanan Bermutu di Perpustakaan
 
Creator Rifauddin, Machsun
 
Subject Keterampilan Sosial Pustakawan; Pelayanan Bermutu
 
Description Perpustakaan sebagai lembaga pelayanan jasa informasi harus terus berkembang seiring dengan kebutuhan pemustaka yang semakin kompleks dan beragam. Perpustakaan sudah seharusnya dikelola oleh pustakawan yang memiliki keterampilan sosial khusus dalam memberikan pelayanan yang bermutu kepada pemustaka. Pelayanan yang bermutu menjadi tolak ukur kepuasan pemustaka. Artikel ini disusun berdasarkan kajian literatur yang diambil dari berbagai sumber rujukan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum bagaimana menjadi pustakawan profesional yang terampil dalam memberikan pelayanan bermutu kepada pemustaka secara konseptual. Pelayanan bermutu dapat dilakukan dengan menyampaikan sifat positif, mengenali kebutuhan pelanggan, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan memastikan pemustaka kembali lagi atau merasa puas. Pustakawan juga dituntut untuk memiliki kemampuan interpersonal yang ditunjukkan dengan berkomunikasi secara efektif kepada pemustaka.ABSTRACTLibrary information services as an institution should continue to evolve along with user needs of an increasingly complexs. The library was supposed to run by librarians who have specific social skills in providing quality service to user. Service quality became measure user satisfaction. This article based on the study of literature drawn from various reference sources. Purpose this article is to give an overview in general how to be professional librarians in providing quality service to user as conceptually. Quality service can do with be done with positive atitude , recognize customer needs, satisfy customer needs, and make sure user back again or feel satisfied. Librarians also are required to have interpersonal skills demonstrated by communicating effectively to the user. 
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin
 
Contributor
 
Date 2017-06-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/2286
10.24252/kah.v5i1a9
 
Source Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan; Vol 5, No 1 (2017): June; 102-112
Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan; Vol 5, No 1 (2017): June; 102-112
2549-1334
2354-9629
 
Language ind
 
Relation http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/2286/2669
 


www.freevisitorcounters.com