Evaluasi Kinerja Pustakawan Dan Staf Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Darul Ma’arif Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
UNILIB: Jurnal Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2715-274x 1979-9527 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Kinerja Pustakawan Dan Staf Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Darul Ma’arif Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta |
|
Personal Name |
Ubayya Kusuma, Siti Fatwa Madrasah Aliyah Swasta Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman |
|
Uncontrolled Index Term |
Perpustakaan;Pelayanan;Metode;Bahan pustaka |
|
Summary, etc. |
Perpustakaan yang sempurna yaitu perpustakaan yang dapat menyediakan sumber informasi yang lengkap, fasilitas yang memadai dan pelayanan yang maksimal. Semua faktor tersebut tidak luput dari kinerja seorang pustakawan dan staf perpustakaan yang mumpuni. Kedua unsur perpustakaan tersebut harus mempunyai kemampuan dan dedikasi yang tinggi dalam pengolahan bahan pustaka sebagai sumber informasi. Perawatan fasilitas-fasilitas pendukung akan mampu memberikan pelayanan yang baik. Sehingga pemustaka dapat memanfaatkan sumber informasi secara maksimal dengan nyaman. Tujuan Penelitian ini yaitu tentang evaluasi kinerja pustakawan dan staf perpustakaan terhadap kepuasan kepuasaan pemustaka di perpustakaan Darul Ma’arif (Madrasah Aliyah Swasta) MAS Sunan Pandanaran. Pelayanan pustakawan di perpustakaan Darul Ma’arif MAS Sunan Pandanaran akan diteliti dengan memakai metode kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data memakai kuesioner. Setelah diadakan penelitian secara umum kualitas pelayanan perpustakaan di Darul Ma’arif sudah memuaskan pemustaka dengan tingkat kepuasan senilai 71,90% sampai 80,48%. Dari hasil penelitian ini diharapkan pelayanan, akses informasi, dan fasilitas yang ada di Madrasah Aliyah Swasta Sunan Pandanaran bisa ditingkatkan sesuai dengan Standar Nasional Perpustkaan yang berlaku di Indonesia. Degan meningkatkan ini semua penulis berharap kepuasan pengunjung dalam mengakses pertustakaan bisa maksimal.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/14295 |
|
Data Source Entry |
UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 10 No. 2 2019 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2020 UNILIB : Jurnal Perpustakaan |
|