Evaluasi Pelaksanaan Praktik Menelusur Literatur (Literature Searching) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2015/2016 Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
UNILIB: Jurnal Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2715-274x 1979-9527 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi Pelaksanaan Praktik Menelusur Literatur (Literature Searching) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2015/2016 Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sukirno, Sukirno Mukhotib, Mukhotib Universitas Gadjah Mada Universitas Gadajh Mada |
|
Summary, etc. |
Fakultas Kedokteran UGM memulai sejarah baru dengan memberlakukan strategi pembelajaran, pendidikan belajar berdasarkan masalah. Pelaksanaan inovasi pendidikan menekankan pada pemberian sarana-sarana belajar peserta didik aktif mandiri, bebas dalam menggali dan mensitesis kompentensi ilmu, ketrampilan, sikap perilaku, kepribadian profesi, psikomotor, dan afektif. Melalui pendekatan ini mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk web site. Satu diantara sarana untuk mendukung suksesnya inovasi pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada adalah tersediannya sumber-sumber belajar yang memadai, yaitu ketersediaan referensi di perpustakaan. Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM secara langsung dilibatkan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Kedokteran, yaitu dengan memberikan praktik menelusur literatur (literature searching) pada blok A.1. pada topik “Being a Medical Student and Locomotor System”. Untuk itu guna mengetahui proses pelaksanaan praktek menelusur literature tersebut, maka dilakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi pelaksanaan praktek menelusur literatur (literature searching) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ni adalah metode kuantitatif dengan populasi Mahasiswa Pendidikan Dokter angkatan 2015/2016 sebanyak 273, sedang yang menjadi sampel 100 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini, meliputi, (1) pemateri, (2) materi dan metode pelatihan, (3) waktu pelaksanaan, dan (4) manfaat. Hasil evaluasi praktik menelusur literatur berdasarkan penelitian ini dikategorikan baik dengan nilai rata-rata skor 86,17 %. Adapun rekomendasi penelitian ini adalah praktek menelusur literatur, penyampaian materi dibuat lebih menarik dan lebih interaktif dengan diperbanyak untuk praktik menelusur.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/12678 |
|
Data Source Entry |
UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 6 No. 1 2015 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2019 UNILIB : Jurnal Perpustakaan |
|