Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Perpustakaan UII Pasca Integrasi
UNILIB: Jurnal Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2715-274x 1979-9527 |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Kinerja Pegawai Direktorat Perpustakaan UII Pasca Integrasi |
|
Personal Name |
sungadi, sungadi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta |
|
Summary, etc. |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhada kinerja pegawai Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pasca integrasi. Penelitian dilakukan pada tanggal 01 – 20 Oktober 2012 di Direktorat Perpustakaan UII, dengan melibatkan mahasiswa yang aktif berkunjung ke Direktorat Perpuatakaan UII sebagai subjek/ responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan angket kepada responden. Sampel yang digunakan adalah Insidental Sampling yakni teknik penentuan sampel dengan mempertimbangkan responden yang aktif dan yang secara kebetulan mengunjungi perpustakaan pada saat angket diedarkan. Responden/ subyek penelitian sengaja ditujukan kepada mahasiswa yang aktif dan yang kebetulan berkunjung ke Direktorat Perpustakaan UII dengan pertimbangan bahwa mereka akan memberikan jawaban secara obyektif. Angket yang disebarkan sebanyak 170 paket, dikembalikan dengan jawaban lengkap 111 paket (65,29%), dikembalikan dengan jawaban tidak lengkap 12 paket (7,058%), dan tidak dikembalikan 47 paket (27,65%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemustaka terhadap kinerja pegawai Direktorat Perpustakaan UII Pasca Integrasi adalah sebagai berikut: Lantai 1 (72.97%), Lantai UG (72.016%), Lantai E-Library (73.70%), Lantai LG Utara (Koleksi Perpustakaan Islam) sebesar 73.13%, Layanan Presensi Pengujung dan Pemeriksaan Tas (75.45%), Layanan SATPAM (74.66%), Layanan Parkir Kendaraan (72.89%), dan Direktorat Perpustakaan UII secara keseluruhan (73.55%). Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan agar ada pembinaan pada bagian Layanan SATPAM dan Presensi Pengunjung-Pemeriksaan Tas dalam bersikap ramah dan murah senyum terhadap pemustaka. Sementara itu untuk pegawai Layanan Parkir Kendaraan, perlu adanya peningkatan kinerja utamanya dalam memberikan bantuan (sikap empati) kepada pemustaka. Lebih lanjut untuk titik Layanan Lantai 1, UG, dan LG Utara (Koleksi Perpustakaan Islam) perlu meningkatkan kinerja pada bidang penataan buku pada rak (shelving).
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Universitas Islam Indonesia |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/12668 |
|
Data Source Entry |
UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 5 No. 1 2014 |
|
Language Note |
eng |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Copyright (c) 2019 UNILIB : Jurnal Perpustakaan |
|