Record Details

PENGAJARAN LITERASI INFORMASI DENGAN KONSEP GAMIFICATION DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

UNILIB: Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2715-274x
1979-9527
 
Authentication Code dc
 
Title Statement PENGAJARAN LITERASI INFORMASI DENGAN KONSEP GAMIFICATION DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
 
Personal Name Setyowati, Lis
 
Summary, etc. Game mungkin bukan hal yang baru bagi perpustakaan di Indonesia. Bentuk pemanfaatan game di perpustakaan di Indonesia biasanya berupa quiz dalam kegiatan orientasi perpustakaan. Namun sebenarnya aplikasi game di kegiatan perpustakaan bisa jauh lebih luas daripada itu, termasuk dalam kegiatan pengajaran literasi informasi. Prinsip-prinsip game dapat digunakan untuk mengembangkan pengajaran literasi informasi agar kegiatan ini lebih menarik bagi pemustaka dan sekaligus membuat para pemustaka lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penerapan prinsip-prinsip game dalam kegiatan yang bukan merupakan kegiatan bermain ini dikenal dengan istilah Gamification. Gamification merupakan tren yang kian meluas dan kian mendapat tempat, tidak hanya di dunia pendidikan, pengembangan personal maupun dunia bisnis. Mengingat manfaat yang bisa dipetik dari Gamification, maka perpustakaan juga perlu belajar bagaimana mengaplikasikannya dalam dunia perpustakaan, terutama untuk pengembangan fungsi pendidikan, yakni pengajaran literasi informasi.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/11484
 
Data Source Entry UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 8 No. 1 2017
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2018 UNILIB : Jurnal Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com