Record Details

Reading Day (One Book One Person): Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Perwujudan Budaya Baca di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe

UNILIB: Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2715-274x
1979-9527
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Reading Day (One Book One Person): Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Perwujudan Budaya Baca di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe
 
Personal Name Ernawati, Ernawati
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sukma Bangsa Lhokseumawe. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena atau objek implementasi program Gerakan Literasi Sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan GLS di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dengan Reading Day (One Book One Person). Program menjadi salah satu program pembiasaan membaca yang diterapkan di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Model membaca buku (One Book One Person) bukan buku pelajaran selama 15 menit dikembangkan antara guru dan pustakawan yang melakukan kolaborasi bersama. Strategi yang dilakukan dengan sepuluh cara yaitu membentuk panitia GLS, strategi sosialisasi program, siswa dan guru memiliki satu buku bacaan, pelibatan seluruh elemen sekolah, membuat papan afirmasi, menentukan target bacaan, mempresentasikan buku yang dibaca, mengevaluasi kegiatan, memberikan apresiasi, mengumpulkan hasil tulisan.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/12623
 
Data Source Entry UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 9 No. 1 2018
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2019 UNILIB : Jurnal Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com