Record Details

Membangun Kepuasan Pemustaka Melalui Kualitas Layanan Umum Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

UNILIB: Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2715-274x
1979-9527
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Membangun Kepuasan Pemustaka Melalui Kualitas Layanan Umum Di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
 
Personal Name Suwardi, Suwardi
Universitas Islam Indonesia
 
Uncontrolled Index Term Kualitas layanan, Jayanan umum, kepuasan pemustaka
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas layanan yang berfungsi untuk membangun kepuasan pemustaka di Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia FE UII Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 98 responden. Variabel yang digunakan adalah lima dimensi kualitas /ayanan menurut Parasuraman et. al. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, terdiri atas 20 butir pertanyaan. Berdasarkan analisis antara kinerja layanan dengan harapan pemustaka secara keseluruhan diperoleh tingkat kesesuaian sebesar 85, 05% yang berarti bahwa pemustaka belum merasa puas atas layanan Perpustakaan FE UII Yogyakarta. Tingkat kesesuaian untuk masing-masing dimensi adalah tangible sebesar 85, 00%, reliability 78,39%, responsiveness 83,89%, assurance 85,96%, dan empathy 93, 71 %. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada satupun dimensi kualitas layanan yang memiliki tingkat kesesuaian sebesar 100% atau lebih, sehingga pemustaka belum merasa puas atas pengelolaan dimensi kualitas layanan tersebut oleh pihak Perpustakaan FE UII. Analisis menggunakan diagram Kartesius menempatkan masing-masing dimensi kualitas layanan pada kuadran yang ada dan menuntun pihak pengelola kepada kebijakan yang perlu dilakukan yaitu prioritas utama, pertahankan prestasi, prioritas rendah dan abaikan. Analisisis ini menempatkan dimensi kehandalan (reliability) dan daya tanggap pada kuadran A, yang berarti bahwa dimensi tersebut harus menjadi prioritas utama bagi pihak Perpustakaan FE UII dalam pengelolaan dimensi kualitas layanan yang akan memberikan kepuasan bagi pemustaka.
 
Publication, Distribution, Etc. Universitas Islam Indonesia
 
Electronic Location and Access application/pdf
https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/12718
 
Data Source Entry UNILIB : Jurnal Perpustakaan; Vol. 2 No. 1 2009
 
Language Note eng
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Copyright (c) 2019 UNILIB : Jurnal Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com