Record Details

Urgensi Eksistensi Perpustakaan Sebagai Upaya Pengurangan Perilaku Menyimpang Siswa di Sekolah

LIBRARIA : Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Urgensi Eksistensi Perpustakaan Sebagai Upaya Pengurangan Perilaku Menyimpang Siswa di Sekolah
 
Creator Utomo, Sigit Tri
Sa'i, Ahmad
 
Subject Urgensi Perpustakaan; Perilaku Menyimpang di Sekolah
 
Description Perpustakaan merupakan tempat membaca untuk merubah mindset manusia. Karena dengan membaca seseorang dapat terbuka luas wawasan jendela dunia. Dengan membaca pula seseorang dapat empunyai cara pandang hidup dan mengatasi kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakanpendekatan pustaka (library research), yaitu suatu pendekatan yangmengkaji serta mengggunakan literatur sebagai bahan acuan danrujukan dalam mengelola data.[1] Penelitian kualitatif ini sebagai prosedur penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seseorang yang dapat diamati.[2] Dalam hal ini objeknya adalah urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Dalam tahapan ini, peneliti berusaha menyeleksi data-data (buku) yang ada relevansinya dengan urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan remaja di sekolah. Dengan analisis data hermeneutika sebagai proses mengubah sesuatu dari situasi ketidaktahuan menjadi mengerti, secara harfiah dapat diartikan sebagai penafsiran atau interpretasi. Langkah metode ini dimaksud untuk menangkap arti, nilai dan maksud urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah. Kemudian penulis juga mengunakan analisis sintesis yaitu dengan  penanganan terhadap objek ilmiah tertentu dengan jalan menggabungkan pengertian yang satu dengan pengertian lain, yang pada akhirnya dapat diperoleh pengetahuan yang sifatnya baru yaitu urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah. Penulis juga menggunakan content analysis yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik gambar, suara, tulisan dan lain-lain. Dengan metode ini akan dilakukan analisis data dan pengolahan secara ilmiah tentang isi tulisan urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolahHasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sangat berperan penuh dalam mendukung proses pembelajaran sehingga potensi para peserta didik dapat dikembangkan baik potensi berupa kognitif, afektif maupun psikomotorik. Karena beberapa kenakalan siswa saat ini sangatlah  banyak seperti kenalakan dalam kategori biasa, kenakalan menjurus dan kenakalan khusus. Beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti upaya pereventif, upaya kuratif maupun pembinaan terhadap penyimpangan siswa. juga dapat dilakukan dengan optimalisasi perpustakaan melalui upaya siswa untuk minat dalam membaca. 
 
Publisher UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus
 
Contributor
 
Date 2018-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/2736
10.21043/libraria.v5i2.2736
 
Source LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan; Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA; 381-394
LIBRARIA; Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA; 381-394
2477-5320
2355-0341
10.21043/libraria.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/2736/pdf
 


www.freevisitorcounters.com