Record Details

MENGAKTIFKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

LIBRARIA : Jurnal Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENGAKTIFKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
 
Creator Rahman, Muzdalifah M
 
Subject Perpstakaan sekolah
 
Description Perpustakaan sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan sangat penting keberadaannya bagi masyarakat, terutama perpustakaan sekolah yang menjadi wadah tempat disimpannya alat-alat bantu anak-anak untuk belajar, yaitu literatur. Keberadaan perpustakaan sekolah menjadi penting mengingat masa usia sekolah merupakan kesempatan yang baik untuk membiasakan anak-anak membaca. Keberadaannya sangat membantu anak-anak untuk memperdalam pengetahuan secara lebih luas.Minat baca yang rendah yang terjadi saat ini, harus dimulai dari pengoptimalan fungsi perpustakaan sekolah ketika lingkungan keluarga tidak berfungsi dengan baik. Asumsi demikian didasarkan pada perilaku anak-anak yang masih cenderung meniru dan mengadopsi perilaku orang lain yang ada di sekitarnya, terutama yang menjadi idolanya. Sekolah sebagai lingkungan kedua setelah keluarga memiliki andil besar dalam pembentukan minat baca anak. Ketika di keluarga tidak ada tuntutan atau teladan dari orang tua untuk membiasakan membaca, maka sekolah masih memiliki harapan bagi pengembangan minat baca anak.Optimalisasi fungsi perpustakaan sekolah tidak terbatas pada pembenahan dan peningkatan manajemen perpustakaan sekolah, melainkan juga harus disertai kesadaran dari seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di lingkungan sekolah, khususnya guru dan kepala sekolah, untuk memberikan teladan yang baik terkait kegiatan membaca. Tanpa adanya dorongan dan model panutan dari para guru dan seluruh SDM yang ada, perpustakaan tidak akan berfungsi secara optimal meskipun memiliki manajemen yang baik. Dapat dikatakan, eksistensinya hanya berguna bagi para siswa yang memiliki minat baca yang tinggi.
 
Publisher UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus
 
Contributor
 
Date 2015-12-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1590
10.21043/libraria.v3i2.1590
 
Source LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan; Vol 3, No 2 (2015): LIBRARIA; 181 - 199
LIBRARIA; Vol 3, No 2 (2015): LIBRARIA; 181 - 199
2477-5320
2355-0341
10.21043/libraria.v3i2
 
Language eng
 
Relation http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1590/1459
 
Rights Copyright (c) 2016 LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
 


www.freevisitorcounters.com