Model-Model Evaluasi dalam Sistem Informasi Perpustakaan
JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model-Model Evaluasi dalam Sistem Informasi Perpustakaan
|
|
Creator |
Habiburrahman, Habiburrahman; Pascasarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
|
|
Subject |
Library and Information Science
information system evaluation; library and information system; sistem perpustakaan Library and Information System |
|
Description |
Artikel ini menjelaskan tentang berbagai model dalam mengevaluasi sistem informasi yang digunakan untuk mengelola dan memberi pelayanan pada perpustakaan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menyajikan berbagai pilihan yang dapat digunakan oleh perpustakaan untuk mengevaluasi system yang digunakannya sesuai dengan karakteristik perpustakaannya. Secara ringkas penulis memaparkan bahwa ada empat model evaluasi system perpustakaan, yaitu: teknik evaluasi PIECES (Performance, Information, Economy, control, Eficiency, dan Service), End User Computing (EUC) Satisfaction, Tasks Technology Fit (TTF) Analysis, dan Human Organizing Technology (HOT) Fit Model. Tulisan ini diakhiri dengan pemaparan tentang tujuan yang ingin dicapai dalam melaksanakan evaluasi dan manfaatnya terhadap peningkatan pelayanan kepada pengguna perpustakaan. AbstractThis article describes various models used to evaluate the information system applied in library management and services. The purpose of this article is to present alternatives that can be used by the libraries to evaluate their information system according to heir library characteristics. In brief the author explains that there are four model in information system evaluation: PIECES (Performance, Information, Economy, control, Eficiency, dan Service), End User Computing (EUC) Satisfaction, Tasks Technology Fit (TTF) Analysis, dan Human Organizing Technology (HOT) Fit Model. This article is concluded with the presentation of the purposes that need to be achieved in evaluation process and the advantage of it to increase the quality of library services to end users.
|
|
Publisher |
Progam Studi Ilmu Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-05-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/111
10.30829/jipi.v1i1.111 |
|
Source |
JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi); Vol 1, No 1 (2016); 92 - 101
2528-021X |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/111/76
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2016 JIPI: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|