Record Details

Penilaian Tingkat Usabilitas Pada Elektronik Repository Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

LENTERA PUSTAKA: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan,Informasi, dan Kearsipan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penilaian Tingkat Usabilitas Pada Elektronik Repository Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
 
Creator Saufa, Arina Faila
 
Subject Elektronik repository; penilaian kegunaan; usability; perpustakaan perguruan tinggi
 
Description Saat ini, layanan koleksi berbasis digital telah banyak dikembangkan oleh perpustakaan yaitu dalam bentuk institutional repository. Selain memberikan kemudahan dan keefektivan kepada pemustaka, layanan electronic repository ini juga perlu untuk dievaluasi agar perpustakaan mengetahui performa dari layanan tersebut. Penenelitian yang berjudul “Penilaian tingkat usabilitas pada elektronik repository perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta” ini bertujuan untuk menilai kinerja dan performa electronic repository perpustakaan perguruan tinggi dengan menggunakan beberapa indikator tingkat usabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi di lapangan, penyebaran kuesioner, dan wawancara untuk lebih mendalami. Populasi yang digunakan merupakan rata-rata pengguna e-repository selama 3 bulan terakhir sejak bulan Juli hingga September 2017. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan mengunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel . Dalam mengukur tingkat usabilitas peneliti menggunakan beberapa indikator meliputi; (1) usefulness, (2) efisien, (3) efektif, (4) learnability, dan (5) kepuasan. Berdasarkan hasil penyebaran angket/kuesioner didapatkan hasil sebagai berikut; sebanyak 36,9% responden setuju bahwa e-repository ini memenuhi kriteria usefulness, 28,2% responden menyatakan efisien, dan 43,4% menyatakan efektif. Sedangkan untuk indikator learnability hanya ada sebanyak 13% responden begitu juga dengan indikator kepuasan yang hanya mendapatkan 13% responden. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa e-repository UIN Sunan Klaijaga Yogyakarta hanya memenuhi indikator usefulness, efisien, dan efektif, namun tidak memenuhi indikator learnability dan kepuasan.Saat ini, layanan koleksi berbasis digital telah banyak dikembangkan oleh perpustakaan yaitu dalam bentuk institutional repository. Selain memberikan kemudahan dan keefektivan kepada pemustaka, layanan electronic repository ini juga perlu untuk dievaluasi agar perpustakaan mengetahui performa dari layanan tersebut. Penenelitian yang berjudul “Penilaian tingkat usabilitas pada elektronik repository perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta” ini bertujuan untuk menilai kinerja dan performa electronic repository perpustakaan perguruan tinggi dengan menggunakan beberapa indikator tingkat usabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi di lapangan, penyebaran kuesioner, dan wawancara untuk lebih mendalami. Populasi yang digunakan merupakan rata-rata pengguna e-repository selama 3 bulan terakhir sejak bulan Juli hingga September 2017. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan mengunakan rumus slovin untuk menentukan jumlah sampel . Dalam mengukur tingkat usabilitas peneliti menggunakan beberapa indikator meliputi; (1) usefulness, (2) efisien, (3) efektif, (4) learnability, dan (5) kepuasan. Berdasarkan hasil penyebaran angket/kuesioner didapatkan hasil sebagai berikut; sebanyak 36,9% responden setuju bahwa e-repository ini memenuhi kriteria usefulness, 28,2% responden menyatakan efisien, dan 43,4% menyatakan efektif. Sedangkan untuk indikator learnability hanya ada sebanyak 13% responden begitu juga dengan indikator kepuasan yang hanya mendapatkan 13% responden. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa e-repository UIN Sunan Klaijaga Yogyakarta hanya memenuhi indikator usefulness, efisien, dan efektif, namun tidak memenuhi indikator learnability dan kepuasan.
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2017-12-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/16735
10.14710/lenpust.v3i2.16735
 
Source Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan; Vol 3, No 2 (2017): Desember 2017; 89-102
2540-9638
2302-4666
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/16735/12172
 
Rights Copyright (c) 2017 Lentera Pustaka
 


www.freevisitorcounters.com