Record Details

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PERPUSTAKAAN : SEBUAH PEMIKIRAN

JUPITER (Jurnal Perpustakaan Informasi dan Komputer)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI PERPUSTAKAAN : SEBUAH PEMIKIRAN
 
Creator Said, Iskandar
 
Description Tulisan ini mencoba mengungkap dan memberi masukan tentang nilai-nilai pendidikan Islam yangdapat direalisasikan dalam perpustakaan baik perspektif pemustaka, maupun perspektif pustakawan.Nilai-nilai pendidikan Islam perspektif pemustaka dibatasi pada nilai-nilai yang relevan dengankeberadaan perpustakaan sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat dan juga relevan dengan tujuanpendidikan nasional yang mencakup: (a) nilai material, (b) nilai formal, dan (c) nilai fungsional.Beberapa cakupan nilai-nilai pendidikan Islam perspektif pustakawan antara lain: (1) nilai keseriusandan kecintaan, (2) nilai keikhlasan dan kesyukuran, (3) nilai kebenaran dan tanggung jawab, (4) nilaikerja paripurna dan kerendahan hati, (5) nilai ketuntasan dalam bekerja dan integritas, (6) nilaikecerdasan dan kreativitas, (7) nilai ketekunan dan keunggulan, dan (8) nilai kerja keras penuhsemangat.Dengan nilai-nilai Islam tersebut, membuat setiap individu yang rajin berkunjung ke perpustakaan akanmemiliki sikap yang mencakup semua aspek, terintegrasi dalam pola kepribadian ideal dan utuh, yangmengandung nilai-nilai Islam dalam segala aspeknya secara selaras, seimbang, dan dinamis.Kata Kunci: Perpustakaan islami; nilai-nilai Islam di perpustakaan
 
Publisher Hasanuddin University
 
Contributor @unhas_library
 
Date 2015-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/25
 
Source J U P I T E R; Vol 14, No 1 (2015): JUPITER
1693-5535
1693-5535
 
Language eng
 
Relation http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/25/23
 
Rights Copyright (c) 2016 JUPITER
 


www.freevisitorcounters.com