Record Details

IMPLEMENTASI ISO 9001:2008

JUPITER (Jurnal Perpustakaan Informasi dan Komputer)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI ISO 9001:2008
 
Creator UPT BIT-LIPI Bandung, Kamaluddin
 
Description BSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi SNI ISO 9001:2008 dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan perpustakaan pada perpustakaan UPT Balai Informasi Teknologi LIPI, Bandung dan untuk mengetahui hambatan serta cara menyelesaikan hambatan yang ditemui dalam mencapai sasaran mutu yang telah ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kasus (case study). Peneliti melakukan serangkaian kegiatan di lapangan, yaitu mulai dari penjajakan ke lokasi penelitian, studi orientasi dan dilanjutkan dengan studi secara terfokus. Dalam penelitian ini data dijaring dengan pendekatan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa sampai dengan bulan Agustus 2014 ada beberapa tahapan sasaran mutu belum dapat dicapai, begitu pula ada beberapa PRMP yang belum dibuat secara berkala, hal demikian akan menyebabkan tidak tercapainya sasaran mutu. Penelitian ini merupakan penelitian awal, mengingat sasaran mutu direncanakan akan dicapai dalam satu tahun yaitu mulai bulan Januari sampai dengan Desember 2014, maka perlu dilakukan penelitian lanjutan pada ahir masa sasaran mutu. Kata kunci : Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2008, Perpustakaan. ABSTRACT This study aims to determine the implementation of ISO 9001 : 2008 in the implementation of library services at the Library UPT Information Technology LIPI , Bandung and to determine how to resolve the barriers and obstacles encountered in achieving predefined quality objectives . The method used in this research is a case study (case study ) . Researchers conducted a series of activities in the field, ranging from the assessment to the study site , study orientation and continued with studies focused way . In this study, the data captured by the approach of in-depth interviews and observation . The results reveal that up to the month of August 2014 there are several stages of quality objectives can not be achieved , so is there some PRMP are yet to be made on a regular basis , so it will lead to the failure to meet quality objectives . This study is the beginning , given the planned quality objectives will be achieved within one year ie from January to December 2014 , it is necessary to further study by the end of period quality objectives Keywords : Quality Management System, ISO 9001: 2008, Library
 
Publisher UPT Perpustakaaan Universitas Hasanuddin
 
Date 2017-04-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1641
 
Source JUPITER; Vol. 13 No. 2 (2014): JUPITER
2777-046X
1693-5535
 
Language eng
 
Relation https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/1641/929
 
Rights Copyright (c) 2017 J U P I T E R
 


www.freevisitorcounters.com