Record Details

KARAKTERISTIK TES LITERASI MEMBACA PADA PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASESSMENT (PISA)

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KARAKTERISTIK TES LITERASI MEMBACA PADA PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASESSMENT (PISA)
 
Creator Harsiati, Titik
Priyatni, Endah Tri
 
Description Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik tes literasi membaca pada Programme for International Student Asessment (PISA), yang difokuskan pada karakteristik tingkat berpikir dan kompetensi membaca yang diukur, jenis stimulus yang digunakan, ragam tes, dan karakteristik pertanyaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi.  Sumber data penelitian adalah soal-soal literasi membaca PISA dari tahun 2000-2009. Hasil analisis menunjukkan bahwa   tes literasi membaca  PISA didominasi  keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berupa  kemampuan interpretasi, refleksi, dan evaluasi. Jenis  kompetensi membaca yang diukur adalah: kemampuan mengungkapkan kembali informasi, mengembangkan interpretasi dan mengintegrasikan,  dan merefleksikan dan mengevaluasi  teks.  Stimulus berupa teks panjang dengan jumlah kata berkisar 135-630, kalimat pertanyaan bersifat kompleks dan ragam tes  yang digunakan adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, jawaban singkat, esai tertutup, dan esai terbuka.
 
Publisher Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
 
Contributor
 
Date 2017-11-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/2301
10.17977/um008v1i22017p001
 
Source BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi; Vol 1, No 2 (2017); 1-11
2579-3802
 
Language eng
 
Relation http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/2301/1391
 
Rights Copyright (c) 2018 BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
 


www.freevisitorcounters.com