Record Details

UPAYA PERPUSTAKAAN DALAM MELESTARIKAN KHAZANAH BUDAYA LOKAL (Studi Kasus Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur)

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PERPUSTAKAAN DALAM MELESTARIKAN KHAZANAH BUDAYA LOKAL (Studi Kasus Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur)
 
Creator Hidayah, Nurrohmah
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan Perpustakaan “ HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur dalam melestarikan khazanah budaya lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcaturdipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur dalam melestarikan budaya lokal yaitu dengan cara cultural knowledge, yaitu perpustakaan sebagai sarana memperoleh informasi tentang budaya  lokal. Upaya tersebut melalui. (1) Pembuatan Rumah Literasi Budaya Agraris.(2) Display Wayang dan Batik untuk Media Pembelajaran, (3) Tangga Literasi Wayang dan Aksara Jawa. (4) Pembelajaran Perpustakaan Berbasis Budaya. dan (5) Penambahan Koleksi Budaya.
 
Publisher Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
 
Contributor
 
Date 2018-07-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/4165
10.17977/um008v2i12018p021
 
Source BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi; Vol 2, No 1 (2018); 21-26
2579-3802
 
Language eng
 
Relation http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/4165/2290
 
Rights Copyright (c) 2018 BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
 


www.freevisitorcounters.com