Record Details

Mendesain Ulang Kurikulum Bahasa Inggris untuk Program Studi Perpustakaan dan Informasi

Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Mendesain Ulang Kurikulum Bahasa Inggris untuk Program Studi Perpustakaan dan Informasi
 
Creator Reswari, Girindra Putri Ardana
 
Subject kurikulum bahasa inggris; program studi perpustakaan dan informasi; universitas
 
Description Di era globalisasi ini, pembelajaran Bahasa Inggris untuk pustakawan adalah suatu keharusan. Hal ini dianggap penting bagi pustakawan ketika berkomunikasi dengan perpustakaan dan vendor asing, atau mengakses penelitian dan menghadiri konferensi sesuai dengan disiplin ilmu mereka. Studi Perpustakaan dan Informasi di Universitas Diponegoro sebagai objek penelitian ini juga diberikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib bagi mahasiswa di setiap semester. Kurikulum sebelumnya untuk Studi Perpustakaan dan Informasi di Universitas Diponegoro adalah: General English (semester pertama), English for Conversation (semester kedua), English for Librarian (semester ketiga), Translation (semester keempat), dan Speaking (semester kelima). Namun, terdapat sejumlah masalah terkait dengan desain kurikulum tersebut. Setelah mengajar selama satu semester pada kelas penerjemahan (translaton), dan berdiskusi dengan dosen lain di kelas terjemahan lainnya, beberapa masalah ditemukan. Masalah pertama adalah sebagian besar siswa tidak memahami kosakata terkait perpustakaan. Masalah kedua adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam mengatur kalimat untuk penerjemahan Bahasa Inggris - Indonesia. Kemudian, mengarah pada masalah ketiga yaitu dalam Rencana Pembelajaran Semester pada mata kuliah penerjemahan yang direncanakan untuk mengajarkan terjemahan Indonesia - Inggris dan terjemahan Inggris - Indonesia tidak dapat dicapai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang kurikulum Bahasa Inggris untuk Studi Perpustakaan dan Informasi berdasarkan masalah yang dihadapi di kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan. Hasil dari penelitian ini adalah pengaturan kurikulum baru untuk mata kuliah Bahasa Inggris pada program studi Perpustakaan dan Studi Informasi. Desain kurikulum yang baru adalah sebagai berikut: General English (semester pertama), English Conversation (semester kedua), English – Indonesian Translation (semester ketiga), Indonesian – English Translation (semester keempat), dan English for Librarian (semester kelima).
 
Publisher Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2019-06-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/5231
10.14710/anuva.3.2.119-126
 
Source Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi; Vol 3, No 2 (2019): Juni; 119-126
2598-3040
 
Language eng
 
Relation https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/5231/2814
 
Rights Copyright (c) 2019 Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi
 


www.freevisitorcounters.com